PENGALAMAN DESAIN DEANGAN AUGMENTED REALITY

 desain dari augmented reality yang telah membuat saya tertarik selama ini, sebenarnya desain yang menggunakan augmented reality dapat berupa 3D, 2D sampai motion graphic

sebelum saya menceritakan pengalaman saya tentang augmented reality sedikit saya jelaskan augmented reality itu seperti apa.


Ronald T. Azuma (2008) mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif.


Sedangkan menurut Stephen Cawood & Mark Fiala dalam bukunya yang berjudul Augmented reality: a practical guide, mendefinisikan bahwa Augmented Reality merupakan cara 6 alami untuk mengeksplorasi objek 3D dan data, AR merupakan suatu konsep perpaduan antara virtualreality dengan world reality. Sehingga obyekobyek virtual 2 Dimensi (2D) atau 3 Dimensi (3D) seolah-olah terlihat nyata dan menyatu dengan dunia nyata.


sedangkan pengalaman yang telah saya alami selama mengaplikasikan desain desain saya ke dalam augmented reality memang sangat sulit namun desain desain yang telah di buat ke augmented reality terlihat lebih hidup dan nyata. salah satunya membuat kartu alfabet untuk anak tunagrahita, disitu saya membuat kartu alfabet yang dapat menampilkan huruf huruf 3D sehingga anak anak tuna grahita dapat lebih memahami setiap huruf. banyak sekali manfaat dari desain desain kita yang di buat ke augmented reality ini, dari segi informasi dan pemahaman sampai ke perkembangan teknologi yang saat ini semakin meningkat pesat



mohamad rizqi komarullah

202146579017


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Penelitian tentang Seni Rupa dan Desain

SEMIOTIKA DALAM LUKISAN THE GUARDIAN SERIES 1 “BABAD PENGABDIAN” KARYA AGUS PUTU SUYADNYA

Objek kajian pada poster anime Tate no yuush